Selasa, 27 Mei 2008

"kisah nenek di desa sibaban"

ketika sampai di sebuah desa, seorang pemuda yang bernama roma bertemu dengan seorang nenek yang sudah cukup tua,kemudian sang pemuda itu bertanya kepada sang nenek ..nek..nek..nek, kemudian sang nenek menjawab ada apa anak muda, apa yang bisa nenek bantu , saya mau bertanya kira - kira ini nama daerahnya apa ya nek..
kemudian sang nenek menjawab??? ini namanya desa sibanan ,sibanan itu kota apa nek.. ooooini bukan kota anak muda ini desa sibanan yang terletak di pelosok jawa,.. kamu dari mana anak muda ???? sang nenek bertanya , saya dari Riau nek , saya ingin mencari saudara saya yang berada dijawa ini, katanya.. ia tinggal di jawa dan saya tidak tahu jawa nya di bagian mana nek..., ee walah ..walah ... kok sampean tidak tahu anak muda dimana tempat saudara mu...ini jawa tengah dan kamu berada di desa sibanan pelosok jawa tengah ,sambil berjalan nenek itu menjawab ,,, kalo begitu sampean tinggal saja sama nenek disini...nenek sendirian di desa ini dan anak - anak nenek tidak memperdulikan nenek lagi karena nenek sudah tua ...tapi nenek tidak kesepian disini karena ada Allah yang selalu menjaga nenek...
nek sahut roma kepada nenek, ada apa anak muda ,saya akan menjaga nenek disini sambil saya mencarikan anak - anak nenek yang telah lama meninggalkan nenek... baiklah kata nenek..

ketika roma sudah sampai dirumah sang nenek, romapun keletihan dan ia langsung tertidur di salah satu ruangan nenek yang sangat sempit tersebut dan nenek memberikan selimut kepada anak muda tersebut... ke esokan harinya pemuda itu bangun dan melihat - lihat dan mencari nenek , kemudian pemuda itu tidak menemukan nenek tersebut...buru - burulah sang pemuda itu keluar untuk mencari sang nenek.. dan ternyata nenek tersebut sedang memotong rumput untuk makanan kambingnya, pemuda itu memanggil nenek ,,nek..nek... biarlah saya yang memotong rumputnya nek, dan nenekpun memberikan sabit yang dipegang oleh nenk tersebut...
setelah beberapa menit kemudian nenek bertanya kepada pemuda itu ,anak muda nama mu siapa dan orang tua mu dimana tinggalnya ?? saya roma nek ... lahir di duri - riau ,orang tua saya di riau nek ,,,oooo kata nenek sambil terbatuk - batuk.
nek sudah berapa umur nenek sekarang dan sudah berapalama nenek ditinggalkan oleh anak nenek.....nenek menjawab??
umur nenek sudah 89 tahun nak dan sudah 10 tahun nenek di tinggal oleh anak nenek...
kemudian roma bertanya kembali kalau begitu nek biarlah saya yang merawat nenek disini dan akan selalu membantu nenek ......nenekpun termenung sejenak dan berdo'a didalam hatinya " ya Allah jadikanlah anak ini pengganti anak hamba dan lindungilah ia serta pertemukan pula ia dengan saudaranya ", dan nenekpun bahagia ketika roma bersedia untuk tinggal bersama nenek...
setelah beberapa tahun kemudian sang nenek meninggal dengan meninggalkan rumah yang sudah tua kemudian roma yang sudah lama bersama nenek tersebut kembali mencari sang saudara yang berada di jawa tengah tersebut.... setelah beberapa hari ia tidak menemukan saudaranya ia memutuskan untuk pulang ke riau....

" itulah sebuah kisah bagaimana kita bisa mengambil pelajaran yang berharga dari dua tokoh ini "

kesimpulan : rawatlah orang tua baik dalam keadaan apapun
selalu mendo'akan orang tua sebab ialah yang telah merawatkita...
jadilah anak yang berbakti terhadap orang tua



by : riki

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ya...memang betul apa yang saudara katakan, tapi saya lebih suka learning by preparing not learning by doing.